Sabtu, 21 Mei 2016

Tiga Pantai Yang Wajib Di Kunjungi Di Ujung Kulon

Mendengar kata ‘Ujung Kulon’, mungkin yang terbayang dalam pikiranmu adalah banteng dan badak Jawa, karena Ujung Kulon adalah nama sebuah taman nasional terbesar di Pulau Jawa yang telah dinobatkan sebagai salah satu World Heritage Sites oleh UNESCO. Tapi kamu nggak nyangka kalo jauh di balik hutan ada Pantai Ujung Kulon yang cantiknya tiada tara? Bahkan bukan cuma satu, melainkan tiga pantai sekaligus!
Ujung Kulon
foto: matadornetwork.com
Lokasi Pantai Ujung Kulon
Secara administratif, Ujung Kulon termasuk bagian dari Kabupaten Pandeglang, Banten dengan luas sekitar 123 ribu hektar. Kalo kamu pergi kemari naik kendaraan carteran tinggal duduk manis aja, atau mau tidur-tiduran dulu juga boleh, ntar bangun dah sampai di Pantai Ujung Kulon.
Tapi kalo mau naik kendaraan umum, rute yang Pegipegi sarankan adalah naik bus di Terminal Depok jurusan Terminal Kalideres. Sampai di Terminal Kalideres kamu naik bus tujuan Labuan. Jangan lupa bilang sama pak sopir kalo kamu turun di Koramil Labuan. Di depan Koramil Labuan carilah Elf atau angkot tujuan Tamanjaya. Dari sini kamu boleh bernafas lega karena Pantai Ujung Kulon tinggal beberapa kilometer lagi.
Tiga pantai di kawasan wisata Ujung Kulon
Namanya aja udah mengandung kata ‘Ujung’, nggak heran kalo lokasi Pantai Ujung Kulon cukup sulit dijangkau. Belum lagi akses jalan yang masih terjal bagai medan kompetisi offroad membuat mereka yang terbiasa berwisata di tempat-tempat mewah ogah mendatanginya.
Nggak apa-apa, travelers. Kalo tempat wisata tujuan kita terlalu crowded ‘kan nggak asik juga. Bukannya bersenang-senang menikmati liburan, yang ada malah tambah stress ngeliat orang berseliweran! Pantai-pantai di Ujung Kulon ini cocok buat kamu yang nggak suka keramaian, suka hiking, camping, birdwatching, atau kegiatan alam bebas lainnya.
Kamu tinggal pilih salah satu dari pantai-pantai berikut ini :

1. PANTAI CIPUTIH

pantai ciputih
foto: piknikuliner.wordpress.com
Menurut pengamatan Pegipegi, inilah satu-satunya pantai Ujung Kulon yang sudah mendapat sentuhan peradaban. Sebuah resort bernama Ciputih Beach Resort udah berdiri megah di dekat pantai dan dengar-dengar sih banyak juga tamunya di musim liburan. Di sini kamu bisa memesan kamar spesial dengan view pantai dan tarifnya sangat terjangkau, sekitar Rp 400 ribu aja per malam.
Karena udah banyak pengunjungnya, jalan menuju Pantai Ciputih lebih baik daripada pantai-pantai lainnya. Pantai dengan panorama mirip lukisan ini jaraknya sekitar 6 jam perjalanan dari Jakarta, dan dapat dicapai lewat jalur Jakarta-Serang-Pandeglang-Panimbang-Sumur-sampai deh ke pantai Ciputih.
Ombak Pantai Ciputih cukup bersahabat dan aman buat berenang atau snorkeling. Tapi kamu musti bawa perlengkapan snorkelingmu sendiri dari rumah karena nggak ada penyewaan perangkat snorkeling di sini. Jangan lupa bawa kamera juga karena panorama sunset di Pantai Ciputih cakep banget n nggak bisa kamu temui dimana pun.

2. PANTAI CINIBUNG

Sunset Di Pantai Cinubung
foto : travel.kompas.com
Pantai Cinibung nggak terlalu jauh dari Pantai Ciputih, atau bisa dikatakan kedua pantai di kawasan Ujung Kulon ini bertetangga, travelers. Di pantai ini kamu bisa berenang tanpa takut keseret ombak karena gelombang lautnya enggak ganas, pasirnya lembut banget lebih lengang daripada Pantai Ciputih. Kalo ada yang berlalu lalang, itu pun hanya segerombolan kerbau peliharaan warga desa setempat. 
Di Pantai Cinibung belom ada hotel, tapi ada beberapa rumah penduduk yang disewakan sebagai villa dengan tariff bervariasi. Momen paling tepat ke Pantai Cinibung adalah sore hari dan menginap semalam di villa buat menangkap sunrise yang hening tapi menakjubkan di pagi berikutnya, memamerkan kecantikan Ujung Kulon dan sekitarnya. Sayangnya jalan menuju Pantai Cinibung kondisinya cukup menyedihkan, dan diperlukan kesabaran untuk dapat melaluinya.
3. PANTAI KARANG RANJANG
foto : beritadaerah.co.id
Di antara pantai Ujung Kulon lainnya, inilah pantai yang paling tersembunyi, paling sulit dijangkau dan paling cantik, travelers. Bayangkan aja, untuk sampai ke sini kamu harus naik kapal dari Pantai Cinibung ke Muara Laban yang ada di sebelah utara TN Ujung Kulon. Dari Muara Laban kamu musti jalan kaki sejauh 4 km ke arah selatan menembus hutan dan semak-semak, sebelum nantinya akan disambut oleh deburan ombak Pantai Karang Ranjang.
Kalo ngeliat medannya, wajar kalo Pegipegi bilang Pantai Karang Ranjang Ujung Kulon hanya bisa didatangi kamu-kamu yang bermental penjelajah alam liar sungguhan. Enggak perlu takut capek karena keindahan Pantai Karang Ranjang Ujung Kulon akan menghapus semua rasa capekmu.
Sumber:
http://www.pegipegi.com/travel/mengintip-3-pantai-cantik-di-ujung-kulon/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar