Sabtu, 21 Mei 2016

Berkunjung ke Pulau Peucang, Pulau Yang Membuat Mata Terpana

Peucang adalah nama sebuah Pulau yang berada di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Letaknya berada di selat panaitan, Pandeglang, Banten. Lokasinya memang cukup jauh dan memang cukup melelahkan tetapi setibanya di Pulau Peucang maka kelelelahan anda akan terbayarkan dengan suguhan keindahannya yang sangat mempesona.

UNESCO menganugerahi pulau ini sebagai salah satu dari situs alam warisan dunia karena memiliki keberagaman flora dan faunanya. Belum lagi pemandangan alamnya yang sangat indah sanggup menambatkan memori dalam hati untuk mengajak Anda datang kembali ke pulau ini. 

Pulau Peucang Ujung Kulon punya pantai dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih, saking jernihnya ketika anda tiba di dermaga Pulau Peucang anda bisa melihat ikan-ikan kecil dari atas kapal yang anda tumpangi. Ketika saya dan teman-teman berkunjung kesana kondisinya cukup tenang dan sepi, saya hanya melihat beberapa wisatawan asing yang sedang asik berenang.
Pulau Peucang
Dermaga Pulau Peucang Ujung Kulon

Pemandangan di Pulau ini cukup indah, ketika anda berada di pantai dan menghadap ke arah laut, di depan dan kiri terdapat bukit-bukit yang ditumbuhi dengan pepohonan. Tidak hanya itu saja, di Pulau ini anda bisa melihat hewan yang berkeliaran seperti Kera, Rusa dan Babi Hutan. Meskipun ada hewan yang berkeliaran, anda tidak perlu khawatir karena cukup aman untuk melakukan aktivitas disini.



Tranportasi Menuju ke Pulau Peucang

Pulau Peucang berada di Selat Panaitan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten atau sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon.  Pulau Peucang hanya dapat dicapai lewat laut melalui dermaga penyebrangan dari Kecamatan Sumur yang berjarak 9 jam perjalanan dari Jakarta dengan kendaraan pribadi atau sewaan.
Apabila Anda menggunakan kendaraan sewaan dapat menggunakan bus dari Kalieders tujuan ke Labuan lalu menyewa mobil untuk menuju Dermaga Sumur.
Penyewaan perahu nelayan ke Pulau Peucang sekitar Rp1.500.000,00 hingga Rp2.000.000,00 dengan lama perjalanan sekitar 3-4 jam tergantung kondisi cuaca dan ombak.
Alternatif jalur transportasi lain adalah dari Pulau Umang ada resort komersil dengan fasilitas water sport.


Akomodasi di Pulau Peucang

Di Pulau Peucang tersedia penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap harganya berkisar Rp. 400 ribu - Rp. 700 ribu. Ada tiga tipe penginapan disini yaitu:
1. Flora A menyediakan fasilitas AC+Kamar Mandi dengan kapasitas 2 orang per kamar.
2. Flora B hampir sama dengan Flora A.
3. Tipe Fauna yang tanpa AC.

Tidak hanya pulau Peucang saja, anda juga bisa mengunjungi objek wisata menarik lainnya yang ada di sekitar Pulau, seperti melihat Banteng yang sedang merumput di padang Penggembalaan Cidaon, trekking ke Karang Copong dan masih banyak lagi tempat wisata di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon menarik lainnya.


Sumber :
http://www.pasirpantai.com/jawa/jawa-barat/pantai-pulau-peucang-ujung-kulon/attachment/pesona-pulau-peucang-taman-nasional-ujung-kulon/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar