Jumat, 13 Mei 2016

Lost in Paradise "Karimun Jawa"

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini mulai dikembangkan menjadi wisata Taman Laut Karimunjawa yang banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.
Banyak hal/kegiatan yang dapat dilakukan di Karimunjawa, mulai dari berenang dengan hiu hingga snorkling/menyelam melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang lucu-lucu yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Kita juga dapat melakukan diving dan melihat bangkai kapal yang karam dan juga telah ditutupi oleh karang yang menjadi tempat hidup bagi ikan-ikan kecil. Lelah dengan kegiatan snorkling dan diving kita dapat berhenti di pulau-pulau yang berada di kepulauan Karimunjawa untuk beristirahat dan makan ikan bakar dengan bumbu dan sambal yang khas Pulau Karimunjawa. Saat sore dan hendak pulang kita dapat melihat sunset yang mulai terbenam, dengan pemandangan alam yang menakjubkan seakan-akan berkata bahwa inilah salah satu kekuasaan Tuhan yang tidak ternilai harganya.
Rute perjalanan dari menuju ke Pulau Karimun Jawa:
Dari Surabaya menuju Karimunjawa bisa menggunakan bus dari terminal Bungurasih menuju Jepara. Dari Terminal bus, perjalanan dilanjutkan ke pantai kartini dan dilanjutkan menyebrang ke Karimunjawa menggunakan kapal laut.
Lama perjalanan darat tergantung situasi dan kondisi di jalan, saat saya berangkat saya membutuhkan waktu sekitar 7 jam dari Surabaya sampai Jepara dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Jepara ke Karimunjawa dengan menggunakan kapal.

 

 

Sesampainya di Karimunjawa, wisatawan akan disambut dengan tulisan ‘selamat datang’ di gapura pelabuhan. Kejutan lainnya, wisatawan akan disuguhi kejernihan air laut di tepian dermaga. Wisatawan bisa melihat dengan jelas ikan kecil yang seakan menyambut kedatangan pengunjung. Keseruan tersebut juga akan bisa wisatawan jumpai saat melakukan aktivitas island hopping ke pulau-pulau terdekat di sekitar pulau utama. Misalnya seperti di Pulau Menjangan Besar, dimana wisatawan dapat mencoba berenang dengan hiu kecil yang tidak agresif di penangkaran ikan hiu karimunjawa. 

Menikmati senja cantik di dermaga Pelabuhan Karimun Jawa

Pantai yang wajib dikunjungi di Pulau Karimunjawa adalah Pantai Tanjung Gelam yang terkenal dengan pohon kelapa miringnya dengan hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan.
Pohon Kelapa miring yang tumbuh tinggi di Pantai Tanjung Gelam
 

 
 
Lautan berwarna hijau kebiruan yang sangat memanjakan mata



Miss Darinka teman baru dari Slowakia Eropa Tengah
Makan siang bersama di pinggir pantai
Pada saat malam hari waktunya menikmati ikan segar di alun-alun Karimunjawa yang merupakan pusat kegiatan warga di malam hari. Setahu saya, tidak ada tempat yang lebih ramai dibanding alun-alun Karimunjawa di malam hari. Terdapat pasar malam dengan berbagai macam dagangan, mulai dari kuliner hingga cindera mata. Semua ada di sini.

 Informasi penting
  • Hanya ada ATM BRI di Karimunjawa, lebih baik bawa uang cukup dari luar daripada kehabisan uang di Karimunjawa
  • Listrik hanya menyala di malam hari dari 17.30 - 06.00, pastikan kamu hemat baterai di siang hari dan cas ketika malam tiba. 
  • Ada wifi.id di telkom dekat alun-alun, bisa dijadikan alternatif internet kencang di malam hari.
  • Tidak disaranakan datang saat libur natal dan tahun baru, karena kata warga sekitar kamu tidak bisa benar-benar menikmati liburan di sini.
  • Bulan Februari - Maret ombak seringkali besar, terkadang kapal tidak diijinkan untuk menyeberang.
Jangan lupa jalan-jalan, KALEM!!!

Sumber :
https://blogwisata88.wordpress.com/2015/01/24/pulau-karimunjawa-objek-wisata-dengan-keindahan-alam-yang-mempesona/
http://www.panduaji.net/2014/10/backpacker-ke-karimunjawa-eps-01.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar