Sabtu, 21 Mei 2016

Melepas Penat Di Balik Tirai Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok mempunyai pemandangan yang sangat luar biasa, air Terjun yang langsung jatuh ke pantai sangat jarang ditemukan, makanya tempat ini udah lumayan terkenal di kalangan wisatawan, tapi tetep harus hati-hati, jangan bermain air apalagi berenang terlalu jauh di kawasan pantai. Karena memang pantai selatan Malang punya banyak palung laut dan ombak yang besar.

Pemandangan Air Terjun Banyu Anjlok
Perjalanan di mulai dari Kota Kepanjen menuju Kecamatan Dampit danKecamatan Tirtoyudo yang merupakan daerah paling timur Kabupaten Malang. Perjalanan selama 3 jam dari jalanan aspal yang mulus banget, jalanan pedesaan dan perkebunan, sampai jalanan ekstrim pas udah deket daerah wisata pantai.
Ruter Perjalanan Menuju Ke Air Terjun Banyu Anjlok
Petunjuk arah ke beberapa tempat wisata udah tersedia, jadi kita tinggal ngikutin petunjuknya aja. Kalau gak yakin tanya ke penduduk lokal juga bakal ngebantu. Setelah sampai di loket kita dikenakan tarif Rp. 5000,-. Udah termasuk pantai lenggoksono dan air terjun banyu anjlok. Bisa milih mana tujuan yang pengen kita tempuh nanti penjaga loketnya bakal ngasih tau jalannya.

Kalau pengen ke Banyu Anjlok, bisa dengan jalan kaki dan nitipin dulu kendaraan di Pantai Lenggoksono. Atau bisa pake motor tapi harus ekstra hati-hati banget. Karena jalannanya udah bukan aspal lagi, tapi bebatuan dan jalan tebing. Kalaupun pake motor saya sarankan jangan maksa pake motor matic buat boncengan, kalaupun pake matic sendirian masih bisa. Kalau mobil bisa parkir dulu di Pantai Lenggoksono dan jalan kaki ke Banyu Anjlok.

Jarak dari loket ke lokasi Air Terjun sekitar 3 km. Dan karena saya kesitu pagi banget, jadi masih sepi. Beruntung kami kesana pas hari biasa bukan akhir pekan jadi cukup leluasa buat ngelewati jalannya. Saya rasa butuh nyali besar buat berani ngelewatin jalanan ke Banyu Anjlok kalo pake motor. Karena lengah sedikit saja kita bisa jatuh ke jurang.
Air Terjun Banyu Anjlok dari atas Tebing
Pantai ini juga kita bisa nyewa perahu buat nganterin ke pantai Banyu Anjlok via laut. Itupun kalau emang orang yang berduit dan males capek-capek jalan kaki. Gak kalah seru kok nerjang ombak juga. Setelah puas bermeditasi di alik air terjun, kalian bisa mencoba menjelajah gua sempit di sisi kanan air terjun yang tertutup oleh curahan air. Kalian bisa menembus curahan air yang seperti tirai dan memasuki bagian dalam gua. Bias cahaya matahari yang terpantul pada tempias air menimbulkan efek pelangi yang sangat indah.
(photo by: cornucopia3d.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar