Minggu, 22 Mei 2016

Pantai Liang Ambon, Manise....

Suasana Pantai Liang, Ambon
Pantai Liang masuk daftar wisata Ambon yang Favorit. Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Pantai Hunimua, terletak di Desa Liang Kecamatan Salahutu sekitar 40 KM dari pusat kota Ambon. Pada tahun 1991, PBB memberikan gelar pantai terindah di Indonesia kepada Pantai Liang. Pantai ini benar-benar indah dengan pasirnya yang putih dan airnya yang masih jernih, membuat anda akan betah berlama-lama di pantai ini.  Ombak di Pantai Liang tidak terlalu tinggi, jadi jangan takut untuk bermain air di tepiannya. Jika anda hanya ingin bersantai saja, anda bisa menikmati indahnya pantai sambil berwisata kuliner atau berjemur di tepi pantai. Di sekitar Pantai Liang terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan.
 
Pantai Liang ternyata memiliki nama asli Pantai Hanimua, namun karena pantai terletak di Desa Liang maka wisatawan biasa menyebutnya Pantai Liang. Kabarnya pantai ini pernah dinobatkan UNDP-PBB menjadi pantai yang paling cantik di Indonesia tahun 1990. Tidak salah lagi, pantai yang terletak di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku ini benar-benar memiliki daya tarik yang eksotis.
Pantai Liang berjarak sekitar 31 km dari pusat Kota Ambon. Jika berangkat dari Bandara Pattimura Ambon maka dapat menggunakan jasa ojek maupun sewa mobil/angkot ke Pantai Liang. Berkendara sekitar satu jam dari pusat Kota Ambon ke Pantai Liang langsung disambut air lautnya yang bening, suara ombak yang menderu dan hamparan pasir putih.
Wahana permainan air yang tersedia adalah banana boat walaupun jumlahnya masih sangat terbatas. Dengan sedikitnya pengunjung dan wahana permainan air membuat leluasa saya berenang, tidak khawatir tertabrak boat maupun berebut arena berenang.
Pantai ini masih sepi pengunjung, juga tidak saya temukan resort di dekat kawasan wisata. Jika membutuhkan penginapan, sekitar 13 km menuju ke daerah Natsepa ada hotel yang nyaman. 

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar