Rabu, 18 Mei 2016

Pantai Lenggoksono Malang, Wajib untuk Di Singgahi !!

Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia dan masuk wilayah Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo,Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke Pantai Lenggoksono dari kota Malang melewati Kecamatan Dampit dan menuju ke Kecamatan Tirtoyudo, lalu berbelok ke kanan di pertigaan Tangsi. Dari pertigaan ini masih sekitar 30 kilometer. Kondisi jalan dari Tangsi Tirtoyudo menuju Pantai Lenggoksono Purwodadi sangat mulus beraspal, hanya ruas jalan sangat sempit. Sepanjang 30 kilometer itu jalanan berkelok-kelok & belokan tajam disertai menanjak dan menurun yang curam. Bahkan terdapat jurang curam di sisi kanan dan kiri jalan. Sekitar lima kilometer menjelang masuk Desa Purwodadi kondisi jalan mulai rusak, namun sejumlah jalan ada yang sudah dicor hingga ke bibir pantai. Sepanjang perjalanan kita bisa menyaksikan perkebunan cengkeh dengan pohonnya yang tinggi sampai 15 meter. Hal itu tidak mengherankan karena Desa Purwodadi merupakan sentra produsen cengkeh terbesar di Malang Raya.
 
Rute dari Surabaya menuj PAntai Lenggoksono Malang
Terumbu Karang Cantik di Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono menyimpan potensi ikan beragam jenis seperti lobster, cumi-cumi, layur, cakalang, dan layar pemandangan pantai ini cukup menyejukkan mata. Memiliki hamparan pasir putih seluas satu kilometer melingkar dengan dikelilingi dua tebing yang cukup menghijau karena tumbuhan rindang. Bagi penghobi memancing, Pantai Lenggoksono menawarkan banyak tantangan. Selain tempatnya yang nyaman, ikannya juga banyak. Pantai Lenggoksono sebenarnya memiliki pemandangan yang indah dengan deburan ombaknya yang seperti berkejar-kejaran. Banyak batu-batu kecil tersebar di sepanjang tepi pantai. Sayangnya pantai ini kurang terawat karena masih ada sampah yang bertebaran di tepi pantai.
Ternyata pesona Pantai Lenggoksono justru bukan di pantai ini. Kami memutuskan untuk menyeberang ke Pulau Bolu Bolu dengan menyewa kapal, seharga Rp 50.000,-/ pp . Sebenarnya, kami bisa memilih untuk berkendara motor ke sana, tapi kami memilih naik kapal. Pertimbangannya, jika sewa kapal, maka destinasi yang dapat dituju adalah : Pantai Bolu Bolu, snorkling, dan Banyu Anjlok. Sedangkan jika berkendara motor, menurut nelayannya, tidak dapat menikmati wisata snorkeling.
Sumber:
http://www.nenghepi.com/2015/01/trip-to-pantai-lenggoksono-bolu-bolu.html 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUzmu5kwk3NZh-RjuB8jdy0R2gdbFXqnHXJ_LlyESNfv7MU5cLB-joHlG9sg-ZZ6eLzE9ylTlBU8zjyKajSvL2JmjTMljElmek_y5aY8-NlZpcLwuWuze4IH823koxQUKYLVhGgHRzbX0/s1600/lenggoksono.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar