Minggu, 22 Mei 2016

Snorkeling Di Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Ibukotanya adalah Terempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna. Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri pada masa pemerintahan kolonial belanda pernah menjadi pusat kewedanaan yakni berpusat di Tarempa. Ketika itu, Tarempa adalah pusat pemerintahan di pulau tujuh termasuk wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas yang disebut district dan Jemaja wilayahnya disebut Onderdistrict dengan ibukota Letung.
Kepulauan Anambas mempunyai beberapa pantai cantik yang siap dikunjungi untuk para traveler yang hobi bersnorkling ria. Berikut beberapa referensi pantai di Kepulauan Anambas:

1. Damainya Pantai Kusik yang Tak Pernah Terusik

Pantai Kusik adalah destinasi terakhir yang Travelingyuk rekomendasikan buat kamu untuk dikunjungi. Pantai ini berada di Letung, Pulau Jemaja, sebuah pulau yang dianugerahi Tuhan dengan alam yang begitu indah dan suasana yang damai. Pulau ini juga mempunyai pantai dengan ombak yang begitu tenang, Pantai Kusik inilah namanya.
Pantai Kusik, via instagram

Pantai ini menjadi gambaran sempurna dari sebuah pantai tropis. Di pesisirnya ditumbuhi pohon kelapa. Garis pantainya memang tidak terlalu panjang namun kurungan pulau-pulau di sekitarnya bikin pemandangan disana kian epik. Wisatawan bukan hanya dibuat betah oleh pemandangannya yang indah namun juga oleh keramah tamahan penduduknya.

2. Menikmati Lanskap Alam yang Eksotis di Pulau Penjalin

Penjalin adalah nama pulau yang terletak di administratif kecamatan Palmatak, kabupaten Kepulauan Anambas, provinsi Kepulauan Riau. Jarak pulau ini dari ibukota Tarempa sekitar 90 menit perjalanan. Pulau Penjalin adalah satu dari beberapa pulau terpopuler di Anambas yang banyak dikunjungi wisatawan.
Pulau Penjalin, via instagram

Pulau ini punya lanskap alam yang komplit dari pesisir pantai hingga perbukitan. Pantainya dianugerahi dengan pasir putih nan lembut. Beberapa sudut pantai dapat ditemukan batuan granit yang memperindah pemandangan. Pantai ini punya karakteristik yang landai dengan visibilitas air yang cukup jernih. Jadi kegiatan paling disukai traveler di pulau ini adalah berenang dan snorkeling. 

3. Tanjung Momong, Pantai Eksotis di Ibukota Kabupaten

Traveler yang melakukan trip ke Anambas diwajibkan untuk loncat-loncat dari satu pulau ke pulau lain jika mau menemukan spot yang keren. Namun tanpa melakukan island hopping, mereka pun bisa menjumpai tempat wisata yang keren punya salah satunya adalah Pantai Tanjung Momong. 

Tanjung Momong,, via instagram

Pantai Tanjung Momong berada di ibukota kabupaten yaitu di kecamatan Tarempa. Pantai yang berada di sebuah tanjung ini memadukan antara keindahan alam, laut yang jernih, hamparan pasir pantai yang putih serta terumbu karang yang terjaga. Garis pantainya yang panjang memberikan banyak pilihan bagi setiap wisatawan, namun ada satu spot yang wajib dikunjungi yaitu kawasan dermaga. Di tempat inilah yang paling banyak dikunjungi untuk bersantai hingga snorkeling.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kepulauan_Anambas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar