Minggu, 22 Mei 2016

Pesona Keindahaan Pulau Bawean Gresik

Pulau Bawean merupakan gugusan kepulauan yang termasuk dalam wilayah Gresik dan terletak di sebelah utara wilayah Kota Gresik. Pulau Bawean berjarak 80 mil atau 120 km dari kota Gresik dan membutuhkan waktu 3 jam bila ditempuh dengan menggunakan kapal cepat atau 8 jam bila ditempuh menggunakan kapal biasa. Secara geografis kepulauan Bawean terletak antara 112 45’ Bujur Timur dan 5 45’Lintang Selatan. Luas wilayah sebesar 196,27 Km. kepulauan Bawean terdiri dari 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak
Salah satu fenomena yang khas di Pulau Bawean adalah menu ikan yang berlimpah. Masyarakat Bawean menanam sayuran secara terbatas seperti sawi, bayam, kangkung dan singkong, sedangkan sayuran lain seperti wortel, dan cabai dibawa dari Gresik. Hal ini mengakibatkan harga sayuran menjadi sangat mahal jika tidak ada kapal yang berlabuh yang membawa sembako dan sayuran.
Pemandangan Pulau Bawean

Pulau yang jaraknya hanya  120 km dari Pelabuhan Gresik itu memiliki kontur daratan yang berbukit-bukit sehingga bisa memandang lepas jauh kelautan. Sangat mempesona berada di ketinggian pulau ini sambi lmemandang cakrawala jingga saat senja. Padahal waktu tempuh menuju pulau yang juga dijuluki sebagai Pulau Putri ini hanya 3,5 jam dengan kapal cepat atau 8 jam dengan kapal ferry  dari dermaga Gresik. Harga tiket kapal cepat terhitung murah untuk sekali jalan, kelas ekonomi Rp 130 000, kelas eksekutif Rp 150 000 dan kelas VIP Rp 160 000. Sedangkan menumpang kapal ferry harga tiketnya hanya Rp 70.000 dengan fasilitas tempat tidur di barak tanpa AC. Jika ingin lebih nyaman, bisa bernegosiasi dengan Anak Buah Kapal untuk menempati kamar tidur mereka yang berAC, kamar mandi bersih, sofa dan bunk bed. Mobil pun bisa masuk ke dalam kapal ferry ini dengan membayar Rp 800 000 sekali jalan dari dan keBawean. Pelabuhan Lamongan menjadi alternatif untuk keberangkatan dan kedatangan kapal ferry  ini, terutama di saat laut bergelombang tinggi menuju atau dari Pelabuhan Gresik.

Sourch : kaskus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar