Minggu, 22 Mei 2016

Bergembira Di Pulau Umang Nan Eksotis

Wisata Pulau Umang secara administratif berlokasi di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Luas kawasan Wisata Pulau Umang Resort ini hanya 5 ha. Berbatasan langsung dengan selat Sunda di bagian selatan Banten, lokasi Pulau Umang Resort ini persis berada di pesisir kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon.
Pantai Umang Banten
Rute menuju lokasi Wisata Pulau Umang Banten
Jika wisatawan dari Jakarta, maka akan menempuh perjalanan darat sejauh kurang lebih 183 km untuk dapat sampai di Kecamatan Sumur. Dengan mengambil rute perjalanan lewat Pandeglang, wisatawan akan membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk sampai di sana. Setiba di Kecamatan Sumur, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan boat menuju Pulau Umang Resort selama 10-15 menit.
Bagi wisatawan yang berminat memilih Paket Wisata Pulau Umang Resort Banten dari Jakarta, ada dua rute perjalanan darat yang dapat dipilih.

Rute pertama, melewati tol Jakarta – Merak, lalu keluar di pintu Serang Timur (km 71), selanjutnya mengikuti jalan Pandeglang sampai Labuan, terus menuju Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibaliung – Cimanggu hingga akhirnya tiba di Sumur.
Rute kedua, melewati tol Jakarta – Merak, lalu keluar di pintu Cilegon Barat, kemudian mengikuti jalan Anyer – Carita hingga akhirnya tiba di Labuan, dan selanjutnya mengikuti jalur yang sama dengan rute pertama di atas hingga tiba di Kecamatan Sumur.
Saat wisatawan telah tiba di Sumur, sekitar 1 km dari pinggir pantai Sumur terdapat loket penjualan tiket penyeberangan ke Pulau Umang. Jika wisatawan membawa kendaraan, tersedia juga area parkir mobil atau motor.
Untuk sampai ke Pulau Umang dari Sumur, wisatawan harus menaiki Kapal boat dengan perjalanan menggunakan boat sekitar 10 – 15 menit.
Indahnya Pulau Umang
foto : detik.com
Saat berlayar di atas speedboad, dari jauh terlihat sebuah pulau seolah mengambang di tengah laut. Pasir putih yang mengelilingi pulau dengan luas 5 hektar terlihat begitu cantik. Beningnya air dengan semburat warna kebiruan menambah pesona Pulau Umang. Setiba disana, kalian bisa langsung menceburkan diri ke laut untuk merasakan segar dan dinginnya air sebening kristal atau mengambil kamera lalu berburu foto-foto cantik.
Kalau kalian datang karena pengin mengusir penat sambil melakukan olahraga air, kalian juga bisa melakukannya kok. Disini kalian bisa berenang, snorkeling, jetski, sun bathing,memancing, menikmati serunya banana boat, atau bermain bola di pinggir pantai. Saat snorkeling, kalian akan terpesona dengan jejeran terumbu karang berwarna-warni serta ikan-ikannya yang berenang begitu lihai. Dan kalau ingin membakar lemak, kalian juga bisa jogging mengelilingi pulau yang terbilang kecil ini.
Selain hembusan angin pantai yang begitu menyejukan, kalian pun dapat menanti detik-detik sunset dari gazebo yang banyak terlihat di sekitar pantai, atau sambil duduk-duduk di atas pasir putih yang lembut dengan secangkir teh. Karena atmosfirnya pantai, jangan lewatkan mencicipi kuliner seafood yang rasanya juara, yaitu ikan kerapu dan kakap merah di malam hari. Bisa digoreng ataupun dibakar. Rasanya tiada duanya deh. Dan sebelum pulang, jangan lupa bawa oleh-oleh berupa souvenir berupa kaos, gantungan kuci serta souvenir yang terbuat dari kerang yang terbingkai begitu cantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar