Sabtu, 04 Juni 2016

KEPULAUAN MENTAWAI, SUMATERA BARAT


 Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan bagian dari kabupaten Propinsi Sumatera Barat. Untuk menuju Kepulauan Mentawai yang terdiri dari 4 pulau besar yaitu, Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan kita bisa melalui Pelabuhan Muara dan Pelabuhan Mungus.

Walaupun Kepulauan Mentawai itu terpencil dan belum banyak diketahui oleh orang Indonesia, Namun Kepulauan Mentawai sudah sangat terkenal bagi Wisatawan Mancanegara. Banyak turis mancanegara yang datang ke Kepulauan Mentawai untuk menikmati keindahan pantainya dan bermain selancar. Karena disini identik dengan pantai berpasir putih serta gulungan-gulungan ombak yang sangat memukai bagi para pecinta surfing.

Selain keindahan pantainya dan gulungan ombaknya yang sangat memukau, kepulauan mentawai juga menawarkan pemandangan terumbu karang dengan pasir putihnya yang sangat cocok untuk berjemur, berenang, snorkeling dan menyelam.

Tidak hanya pantainya saja yang indah tetapi flora dan faunanya pun juga sangat unik. Kepulauan mentawai ditutupi oleh hutan primer dipterocarpacece, hutan primer campuran, rawa, hutan pantai hingga hutan bakau. Setiap pulau memiliki flora masing – masing diperkirakan 5 persen dari tumbuhan yanga ada adalah endemic. Sementara itu, fauna yang terdapat di pulau mentawai adalah hewan yang menyusui, terutama di pulau Siberut adalah binatang endemic seperti spesies primata langka : Bilou atau Kloss Gibbon, Joja (Ata Leilei), Simakobu (Simasepsep), Bokkoi(siteut).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar